SOLOPOS.COM - Ketua KPU Kota Salatiga Yesaya Tiluata. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga menerjunkan sebanyak 579 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) untuk pencocokan data pemilih (coklit) ke rumah warga.

Tahapan Pilkada serentak ini, dilaksanakan selama satu bulan terhitung mulai 24 Juni – 24 Juli 2024.

Promosi Selamat, BRI Raih Dua Penghargaan di CNN Indonesia Awards Bali 2024

Ketua KPU Kota Salatiga Yesaya Tiluata menjelaskan, potensi pemilih pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jawa Tengah dan pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwalkot) Salatiga 2024 sebanyak 150.471 orang.

Petugas Pantarlih akan mendatangi satu persatu rumah para warga untuk mencocokkan data pemilih.

“Kami imbau kepada warga untuk menyiapkan KTP (kartu tanda penduduk) dan kartu keluarga (KK) untuk kepentingan coklit. Sehingga jika sewaktu-waktu Pantarlih menyambangi rumah, warga tidak kebingungan mencari KK dan KTP yang disimpan,” katanya, Selasa (24/6/2024).

Menurutnya, secara krusial tidak ada kendala dalam proses coklit. Sebelum tahapan coklit dimulai, KPU telah memberikan bimbingan teknis ke Pantarlih.

“Potensi kendala coklit, hanya jika pemilih yang didatangi pantarlih saat itu sedang tidak ada di rumah atau di luar kota,” ujarnya.

Maka dari itu, kata dia, petugas pantarlih perlu berkoordinasi dengan ketua rukun tetangga (RT) dan ketua rukun warga (RW) setempat.

Selain itu, petugas Pantarlih juga harus koordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun pengawas ditingkat kelurahan.

Lebih jauh Yesaya mengatakan, pelaksanaan coklit dilaksanakan selama satu bulan karena jumlah data pemilih di Salatiga cukup banyak.

Setelah coklit selesai, KPU baru menyusun daftar pemilih hasil pemuktahiran atau daftar pemilih sementara (DPS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya