SOLOPOS.COM - Aris Mulyawan (kiri) bersalaman dengan Iwan Arifianto (kanan) setelah terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Semarang periode 2024-2027 dalam Konferta di Mijen, Kota Semarang, Sabtu (29/6/2024). (Solopos.com-Fitroh Nurikhsan)

Solopos.com, SEMARANG — Aris Mulyawan kembali memimpin Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Semarang untuk periode 2024-2027. Aris terpilih secara musyawarah mufakat melalui Konferensi Tingkat Kota (Konferta) AJI Kota Semarang yang digelar di Pendapa Kinanthi, Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Sabtu (29/6/2024).

Alumnus UIN Salatiga itu akan memimpin AJI Kota Semarang didampingi dengan Iwan Arifianto, sebagai Sekretaris AJI Kota Semarang.

Promosi Kisah Penjual Kue Bisa Bantu Ekonomi Keluarga Berkat Holding Ultra Mikro BRI

Sebelum pemilihan ketua dan sekjen AJI Kota Semarang, Konferta lebih dulu mengagendakan laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2021-2024.

Proses pemilihan ketua dan sekjen AJI Kota Semarang periode 2024-2027 berjalan cukup alot. Pasalnya tidak ada kandidat yang bersedia ditunjuk menjadi ketua dan sekjen AJI Kota Semarang.

Setelah melalui diskusi panjang dan berbagai pertimbangan. Aris Mulyawan dan Iwan Arifianto akhirnya bersedia memimpin roda organisasi AJI Kota Semarang selama tiga tahun ke depan.

“[Harapannya] kepengurusan ke depan solid, bertanggungjawab dan punya komitmen untuk membesarkan AJI Kota Semarang,” ungkap Ketua AJI Kota Semarang, Aris Mulyawan, di sela konferta.

Sementara itu, Sekjen AJI Kota Semarang, Iwan Arifianto, menyakini kepengurusan periode 2024-2027 bakal lebih ringan ketimbang periode sebelumnya. Hal ini dikarenakan masuknya belasan anggota baru AJI Kota Semarang.

Bergabungnya belasan jurnalis baru ini pun membuat AJI Kota Semarang lebih bersemangat. Apalagi, para anggota baru itu diyakini mampu diajak bekerja sama dan berbagi beban serta tanggung jawab.

Iwan mengakui mendapatkan amanah mengemban tugas sebagai Sekretaris AJI Kota Semarang bukan hal yang mudah. Apalagi ditengah dinamika dan kondisi demokrasi yang karut-marut seperti sekarang ini.

“Dalam waktu dekat kita bakal segera merapatkan program-program apa saja yang dikerjakan. Saya pribadi sudah punya rencana melakukan pembersihan anggota dan memikirkan kesejahteraan anggota sesuai Tri Panji AJI,” tegas Iwan.

Perwakilan pengurus AJI Indonesia, Ramond EPU menyebut Aris Mulyawan-Iwan Arifianto sebagai pasangan ideal untuk memimpin AJI Kota Semarang. Keduanya punya banyak pengalaman untuk menghadapi berbagai persoalan dan dinamika yang akan terjadi di masa depan.

Dia menuturkan setiap Korfenta AJI pasti ada persoalan seperti tidak ada anggota yang mau dicalonkan maupun banyaknya anggota yang dicalonkan sebagai ketua dan sekretaris. “Itulah dinamika organisasi, paling penting bagaimana AJI Semarang ke depan. Di AJI kita tidak pernah kekurangan orang hebat. Tapi memang mewakafkan waktu serta tenaga tidak banyak orang yang bersedia,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya