SOLOPOS.COM - Gading Marten. (Instagram/@gadiing)

Solopos.com, SALATIGA – Nama artis sekaligus pesinetron nasional berdarah Kota Salatiga, Gading Marten mencuat dalam bursa Pilwalkot Salatiga 2024.

Pemilik nama lengkap Angkling Gading Gumilang itu muncul sebagai kandidat calon kepala daerah berdasarkan rilis hasil survei Lembaga Krisis Research And Consultant Institute (KRCI) terkait popularitas & elektabilitas bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga pada Pilwalkot 2024, Kamis (13/6/2024).

Promosi Fokus Bisnis Berkelanjutan, BRI Masuk CNBC Indonesia Green Business Ratings

Direktur KRCI Suwignyo Rahman mengatakan, artis kenamaan Gading Marten tersebut mengemuka manakala masyarakat Kota Salatiga disodorkan pertanyaan tentang nama-nama calon Wali Kota Salatiga.

“Adapun jangka waktu pengambilan data di lapangan dilakukan mulai periode 3-12 Juni 2024 dengan metode multi stage random sampling dengan melibatkan sekira 400 responden,” terangnya saat penyampaian hasil survei, di Hotel One Six Eight Ox Salatiga, Kamis (13/6/2024).

Suwignyo menerangkan, munculnya nama artis Gading Marten karena memiliki sejarah orangtuanya, yakni Roy Marten merupakan artis warga asal Kota Salatiga.

Kemudian, pada periode survei kedua ini kata dia, sengaja dipetakan mengambil latar belakang tokoh masyarakat secara beragam mulai pengusaha, politisi, dan pejabat publik.

Ia menambahkan, survei yang dilakukan KRCI fokus pada tingkat popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas dengan rumusan deskriptif kuantitatif.

Pada tingkat elektabilitas Gading Marten menempati urutan kedua setelah Ketua DPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit dan urutan ketiga ada nama mantan Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi.

“Untuk populasi pemilih yang menjadi responden dipilih mereka berusia rentang 17 tahun keatas dan sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Salatiga saat Pilpres dengan jumlah 146.267 orang,” katanya.

Suwignyo mengklaim, tingkat kepercayaan atau akurasi data berdasarkan hasil survei sejumlah kandidat Pilkada Kota Salatiga diangka 95 persen dengan margin error 5 persen.

Pihaknya, mengaku sementara ratusan responden yang terpilih diketahui secara latar pendidikan beragam mulai SD kebawah sampai sarjana strata dua (S2).

“Paling tinggi untuk latar belakang pendidikan setingkat SLTA prosentase 53,50 persen. Lalu, jika di-breakdown sesuai profesi pekerjaan didominasi pengusaha sekira 46,25 persen,” ujarnya.

Suwignyo menegaskan, pada periode survei tentang popularitas dan elektabilitas kali ini menindaklanjuti survei sebelumnya pada 17-2 Juni 2024.

Selain nama Gading Marten, politisi PDIP Dance Ishak Palit, Sinoeng N Rachmadi, dan Muhammad Haris turut masuk survei tertinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya