SOLOPOS.COM - Alun-Alun Pati yang menjadi ikon Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng). (patikab.go.id)

Solopos.com, PATI — Pati merupakan nama sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Terbagi dalam 21 kecamatan berikut daftar kecamatan terluas di Kabupaten Pati.

Kabupaten Pati, belakangan ini ramai diperbincangkan di media sosial (medsos). Hal itu menyusul terjadinya kasus pengeroyokan yang menyebabkan seorang pengusaha atau bos rental mobil asal Jakarta meninggal dunia di Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo, Pati, Kamis (6/6/2024).

Promosi BRI Dorong Pemasaran Aset Bermasalah Melalui Platform Digital

Terlepas dari peristiwa tragis itu, Pati sendiri merupakan daerah yang ada di pesisir pantai utara Jawa Tengah (Jateng). Kabupaten ini berbatasan dengan Jepara dan Kudus di bagian utara, Grobogan dan Blora di bagian selatan, serta Rembang di bagian timur.

Pati memiliki luas wilayah mencapai 1.503,68 km per segi. Dengan jumlah penduduk sebanyak 1.359.364 jiwa, berikut daftar kecamatan terluas di Kabupaten Pati, Jateng.

1. Sukolilo

Nama Sukolilo saat ini tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Sayangnya, ketenaran Sukolilo itu tak terlepas dari peristiwa tragis terkait pengeroyokan yang menyebabkan bos rental mobil asal Jakarta, beinisial BH, meninggal dunia.

Kala itu, BH bersama tiga rekannya hendak menjemput mobil miliknya yang berada di Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo, Pati. Nahas, ia justru diteriaki maling dan menjadi bulan-bulanan massa.

Kasus ini, saat ini telah ditangani aparat kepolisian. Total ada 10 orang warga yang ditangkap atau berstatus tersangka dalam peristiwa itu.

Terlepas dari kasus itu, Sukolilo sendiri merupakan kecamatan terluas di Kabupaten Pati. Luas wilayah Sukolilo mencapai 158,74 km persegi atau sekitar 10,56% dari total luas wilayah Kabupaten Pati.

2. Pucakwangi

Di urutan kedua dalam daftar kecamatan terluas di Kabupaten Pati ada Pucakwangi. Pucakwangi terletak di sebelah tenggara Kabupaten Pati, dan dulunya merupakan bagian dari Kawedanan Jakenan.

Pucakwangi memiliki luas wilayah mencapai 122,83 km persegi atau sekitar 8,17% dari total luas wilayah Kabupaten Pati.

Selain menjadi yang terluas kedua, Pucakwangi juga menyandang predikat sebagai kecamatan terlengang atau tersepi di Pati. Kepadatan penduduk di Pucakwangi hanya berkisar 1:405,80 jiwa.

3. Winong

Kecamatan terluas ketiga di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng) adalah Winong, dengan luas wilayah mencapai 99,94 km persegi atau sekitar 6,65% dari total luas wilayah Kabupaten Pati.

Winong trletak di tenggara Kabupaten Pati. Sama halnya dengan Pucakwangi, Winong dulunya juga merupakan bagian dari Kawedanan Jakenan.

4. Kayen

Di urutan keempat kecamatan terluas di Pati adalah Kayen, dengan luas mencapai 96,03 km persegi atau 6,39% dari total luas wilayah Kabupaten Pati.

Kayen sendiri terletak di sebelah selatan pusat Kota Pati dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Sukolilo. Selain itu, Kayen juga memiliki sederet destinasi wisata seperti Goa Pancur, Makam Syekh Jangkung, Bukit Pandang Ki Santa Mulya, hingga Lorotan Semar.

5. Tlogowungu

Di daftar kelima kecamatan terluas di Pati ditempati Tlogowungu, yang beribu kota di Tlogorejo. Tlogowungu sendiri memiliki luas wilayah mncapai 94,6 km persegi atau 6,28% dari total luas wilayah Pati.

Tlogowungu terbagi menjadi 15 kelurahan dengan sederet objek wisata. Beberapa objek wisata yang cukup terkenal di Tlogowungu adalah Sendang Tirta Marta Sani, Bumi Perkemahan Regaloh, dan Air Terjun Santi yang terletak di lereng Gunung Muria.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya