SOLOPOS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), menggelar Seminar Partisipasi Masyarakat di Hotel Gets Semarang, Kamis (27/6/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), menggelar Seminar Partisipasi Masyarakat di Hotel Gets Semarang, Kamis (27/6/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk sarana evaluasi dan rekomendasi dalam menghadapi pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan bupati/walikota (Pilbup/Pilwalkot) mendatang.

Komisioner KPU Jateng, Mey Nurlela, mengatakan Seminar Partisipasi Masyarakat merupakan rangkaian kegiatan dari penyelenggaraan tahapan Pilkada 2024. Ada tiga narasumber yang dihadirkan dalam acara ini yakni Pengamat Sosial Kultural Mudjahirin Thohir, pengamat politik Undip Fitriyah, dan Sabardi selaku NGO.

Promosi BRI Bawa Inovasi & Transformasi Digital di Product Development Conference 2024

“Kegiatan kali ini fokus mencari narsum yang bisa berikan saran, kemudian evaluasi terhadap apa yang dilakukan kemarin [Pilpres dan Pileg], utamanya terkait desain pola pendidikan kepada masyarakat,” kata Mey di sela acara Seminar Partisipasi Masyarakat di Hotel Gets Semarang.

Harapan dari kegiatan ini, lanjut Mey, bisa mendapatkan rekomendasi atau masukan apa yang dibutuhkan dalam menyambut Pilkada 2024, khususnya terkait sosialisasi tahapan hingga pelanggaran-pelanggaran yang dekat dengan masyarakat.

Adapun dalam kegiatan ini, KPU Jateng menyoroti harus adanya perubahan dalam pola komunikasi. Pihaknya kedepan bakal merumuskan sosialisasi atau pendidikan pemilih kepada masyarakat guna membenahi pola komunikasi.

“Kita mencari apa yang kita butuhkan, apa yang harus dilakukan, bagaimana cara komunikasi supaya jauh dekat, masuk sampai tatanan bawah masyarakat. Misal seperti money politik di kultur sosial, sebenarnya negatif, tetapi malah jadi hal lumrah,” terangnya.

Sekadar untuk diketahui, Seminar Partisipasi Masyarakat diikuti oleh perwakilan partai politik (parpol), intansi pemerintahan, organisasi masyarakat sampai organisasi kemahasiswaan. Total, ada sekitar 100 peserta yang hadir di Hotel Gets Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya