SOLOPOS.COM - Politikus senior Budi Santoso saat mengambil berkas pendaftaran sebagai bakal calon Wali Kota Salatiga di kantor DPD PKS Kota Salatiga, Minggu (2/6/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Bursa pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga semakin memanas. Kini nama baru dengan latar belakang politikus senior dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Salatiga muncul. Dia adalah Budi Santoso yang merupakan anggota DPRD Kota Salatiga 2019-2024.

Keseriusan maju dalam kontestasi Pilwakot Salatiga itu dibuktikan dengan mengambil formulir pendaftaran bakal calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga di DPD PKS Kota Salatiga, Minggu (2/6/2024).

Promosi Usaha Bakpia Penerima KUR BRI Ini Jadi Tempat Oleh-oleh Favorit di Yogyakarta

Budi mengaku, alasan maju dalam Pilwakot Salatiga setelah namanya santer menjadi kandidat dari PKS juga atas beragam pertimbangan. Terlebih, pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 lalu turut mencalonkan diri.

“Saya juga salat istikharah sebelum daftar. Apalagi kemarin habis ikut Pileg. Tapi, saya ingat dulu tidak punya apa-apa saat gabung ke PKS. Maka, ini [mendaftar] bagian dari membesarkan partai dan ingin memajukan Salatiga tempat kelahiran saya,” terangnya, di Kantor DPD PKS Kota Salatiga, Minggu (2/6/2024)

Busan sapaan akrabnya menerangkan, apabila nanti mendapat rekomendasi dari DPP PKS Kota Salatiga akan fokus pada pengembangan UMKM dan pasar tradisional. Selain itu, akan juga meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan agar lebih bermutu.

Dia menyatakan, sebagai mantan anggota DPRD Kota Salatiga selama tiga periode dirasa cukup memiliki bekal menjadi calon Wali Kota Salatiga. Selebihnya, selama bertugas di Komisi B banyak bersinggungan dengan para pedagang, pelaku UMKM dan sektor ekonomi lain.

“Lalu, saya ini orang asli Salatiga sejak kecil hidup, makan, dibesarkan berkarier di Salatiga. Jadi, sewajarnya jika ada panggilan saya siap. Tentu, bersama PKS karena partai ini membesarkan saya,” katanya.

Budi menyebutkan, selain mendaftar sebagai Balon Wali Kota melalui DPD PKS juga sebelumnya melamar ke DPC PDIP Kota Salatiga. Pihaknya optimistis bakal mendapat perhatian dari DPP PKS karena memiliki pengalaman dan kader PKS ditambah putra asli Salatiga.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Salatiga Latif Nahari menjelaskan, sejak dibuka pada 30 Mei 2024 panitia penjaringan dan pendaftaran Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga periode 2025-2029 melalui Partai PKS terdaftar 11 kandidat pendaftar.

“Dari 11 orang itu ada tiga orang kader internal mulai Pak Budi Santoso, Pak Maman, dan Mas Farros. Kemudian, delapan orang ambil posisi Walikota dan tiga orang wakil,” ujarnya.

Latif mengaku, selanjutnya nama-nama pendaftar baik posisi Wali Kota maupun Wakil Wali Kota akan ditunggu saat waktu pengembalian formulir. Karena, momen pengembalian dinilai sejumlah kandidat menunjukkan keseriusan maju Pilwakot 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya