SOLOPOS.COM - BRIN sedang melakukan ekskavasi Candi Bata yang berada di lahan KIT Batang, Senin (24/6/2024). (Solopos.com-Antara/Humas Pemkab Batang)

Solopos.com, BATANG — Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) sedang melakukan ekskaavasi benda purbakala, yakni Candi Bata yang ditemukan di lahan Kawasan Industri Terpadu atau KIT Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng). Candi Bata diperkirakan lebih tua dibandingkan Candi Borobudur di Magelang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang, Bambang Suryantoro Sudibyo, mengatakan bahwa Candi Bata tersebut diperkirakan memiliki usia paling tua di Jateng.

Promosi Petani Rempah di Danau Toba Naik Kelas Berkat Dukungan KUR BRI

“Candi ini terletak di Desa Sawangan, Kecamatan Gringsing, dan mencuat ke permukaan pada 2022. Hari ini merupakan ketiga penggalian oleh Badan Riset Inovasi Nasional [BRIN] di situs pemandian Balekambang, Kecamatan Gringsing,” katanya, dilansir Antara, Senin (24/6/2024).

Menurut dia, area kompleks Candi Bata tersebut diperkirakan cukup luas. Delineasi atau garis batas sementara menunjukkan luas candi sekitar 1,6 kilometer kali 1,6 kilometer.

Kompleks candi ini, kata dia, bisa mirip dengan Candi Borobudur yang menyatu dalam satu bangunan atau seperti Candi Prambanan yang memiliki candi-candi terpisah dalam satu kompleks.

Dikatakan, tim ekskavasi Candi Bata ini terdiri atas BRIN Pusat, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, dan Ikatan Arkeologi Indonesia.

Berdasarkan pemetaan wilayah sekitar candi, kata dia, juga ditemukan titik candi lain sekitar 200 meter dari lokasi candi pertama.

Bambang mengatakan eksekusi Candi Bata tersebut diperkirakan akan dilakukan BRIN selama 10 hari ke depan. “Hari ini sudah kelihatan muncul bentuk candi. Proses ekskavasi candi pertama ini akan selesai pada 1 Juli 2024 kemudian hasil ekskavasi akan disampaikan melalui diskusi dengan Bapelitbang dan Dinas Pekerjaan Umum,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya