SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dalam sebuah acara. (Istimewa/Instagram Taj Yasin Maimoen)

Solopos.com, SEMARANG – Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimoen atau yang karib disapa Gus Yasin, mengaku masih menunggu rekomendasi dari partai politik yang akan mengusungnya untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024.

Nama Taj Yasin saat ini gadang-gadang bakal kembali maju dalam Pilgub Jateng. Ia bahkan disandingkan dengan sejumlah tokoh seperti Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, hingga Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Sudaryono atau Mas Dar.

Promosi Kliring Berjangka Indonesia Gandeng BRI sebagai Bank Penyimpan Dana Margin

Meski demikian, hingga kini belum ada satu pun partai politik (parpol) yang menyatakan siap mengusung putra mendiang Kiai Maimun Zubair itu. Gus Yasin pun memutuskan untuk menantikan rekomendasi parpol gaku masih menunggu rekomendasi dari partai politik.

“Sistem pilkada ditentukan parpol. Saya menunggu siapa yang akan diusung, siapa yang didukung menjadi calon Gubernur Jawa Tengah,” ujar Taj Yasin dilansir dari Antara, Senin (1/7/2024).

Bahkan, lanjut dia, jika harus dipasangkan dengan bakal calon lain juga harus menunggu rekomendasi dari partai politik.

Meski demikian, dia mengaku telah berkomunikasi dengan sejumlah tokoh yang namanya muncul menjelang Pilgub Jawa Tengah seperti Bupati Kendal Dico Ganundito, Kepala LKPP Hendrar Prihadi, serta Ketua Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono.

Bahkan, calon terpilih anggota DPD RI tersebut juga menjalin komunikasi dengan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi. “Membahas tentang pilkada nanti bisa berjalan dengan baik, menghasilkan pemimpin yang baik,” katanya.

Berkaitan dengan baliho tentang yang memasangkan dirinya sebagai bakal calon Wakil Gubenur berpasangan dengan Ahmad Luthfi menjelang Pilkada 2024, Taj Tasin mengaku tidak mengetahui siapa yang memasang.

Meski demikian, dia menghormati masyarakat Jawa Tengah yang sudah dewasa dalam memilih dan menentukan arah dalam pilkada yang pemungutan suaranya digelar pada Rabu, 27 November 2024 nanti.

Diberitakan sebelumnya, nama Taj Yasin atau Gus Yasin cukup meraih perhatian publik Jateng dalam Pilgub 2024. Hal ini berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan elektabilitas Gus Yasin cukup tinggi saat dipasangkan dengan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Bahkan dalam simulasi 2 pasangan, pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen sanggup meraih elektabilitas 57,3% jika dihadapkan dengan pasangan Sudaryono – M. Yusuf Chudlori. Pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin juga unggul 48,1% jika pada Pilgub Jateng 2024 dihadapkan dengan pasangan Bambang “Pacul” Wuryanto-Sudaryono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya