SOLOPOS.COM - Suasana Posko Pelayanan PPDB 2024 tingkat SD hari keempat di Kantor Disdik Kota Semarang. Jumat (21/6/2024) (Solopos.com/Fitroh Nurikhsan)

Solopos.com, SEMARANG — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 Kota Semarang tingkat sekolah dasar atau SD akan ditutup besok, Sabtu (22/6/2024) pukul 00.00 WIB.

Sekertaris PPDB Disdik Kota Semarang, Fajriah, mengungkapkan kegelisahannya walaupun sudah gencar melakukan sosialisasi. Hal ini menyusul masih banyaknya orang tua yang mendatangi Kantor Disdik Kota Semarang mengadukan hal-hal yang seharusnya bisa diselesaikan di sekolah.

Promosi Kampung Rosela Malang Terus Berkembang Berkat Pemberdayaan BRI

“Iya, masalah [verifikasi akun] paling banyak diadukan. Admin-admin sekolah sudah kita bekali, kita berikan username dan password agar bisa mengeksekusi semua masalah,” ucap Fajriah kepada Solopos.com, Jumat (21/6/2024).

Dari hari pertama sampai keempat, diakui Fajriah, ada sekitar ratusan orang tua siswa yang silih bergantian mendatangi Kantor Disdik Kota Semarang. Sebagian besar masalah yang mereka bawa seperti nama siswa tidak terdaftar di sistem, akun di sistem PPDB belum terverikasi, hingga akreditasi sekolah TK tidak muncul.

“Besok hari terakhir [pendaftaran PPDB], maka yang belum menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Silakan untuk segera diselesaikan,” ujarnya.

Lantas Fajriah mengingatkan sesuai timeline jadwal yang telah dibuat, tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran PPDB tingkat SD di Kota Semarang. Bahkan pada Senin (24/6/2024), pihaknya sudah berganti fokus pada pelaksanaan PPDB tingkat SMP.

Maka dari itu, dia mengingatkan kepada masyarakat sistem PPDB tingkat SD bakal otomatis terkunci Sabtu (22/6/2024) pukul 00.00 WIB. Para orang tua diharapkan untuk segera mengedit akun maupun melengkapi berkas-berkas lainnya.

Sekadar informasi, berdasarkan situs ppdb.semarangkota.go.id, terpantau ada belasan ribu calon peserta didik yang telah membuat akun. Mereka juga telah melakukan pendaftaran ke sekolah yang dituju.

Namun menjelang penutupan PPDB, Fajriah masih menemukan akun-akun siswa yang perlu melakukan perbaikkan atau perubahan data. Jika orang tua tidak terlalu paham perihal perubahan data, mereka bisa mendatangi sekolah pilihan pertama.

“Misal tinggal edit data bisa dieksekusi oleh admin sekolah pilihan pertama. Enggak perlu ke kantor disdik,” bebernya.

Disdik Kota Semarang juga masih membuka posko pelayanan sampai hari terakhir. Untuk jadwalnya dimulai dari pukul 08.00-11.00 WIB. “Jangan sampai terlambat semisal masih menemukan masalah selama proses PPDB bakal kita bantu selesaikan. Tidak ada perpanjangan waktu kita sesuai timeline,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya