SOLOPOS.COM - Warga Desa Tegalsari, Grobogan, menerima suplai air bersih dari calon gubernur Jateng yang juga Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono, Kamis (27/6/2024). (Brand Content)

Solopos.com, GROBOGAN — Musim kemarau yang melanda Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mengakibatkan masyarakat Desa Tegalsari, Kecamatan Ngaringan, mulai kesulitan mengakses air bersih. Mendengar kabar itu, Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono, pun berinisiatif mendatangkan air bersih untuk kebutuhan harian bagi warga setempat.

Tidak tanggung-tanggung, pria yang sedang digadang-gadang bakal maju sebagai calon Gubernur Jateng itu mengirimkan 5 truk tangki air bersih untuk masyarakat Desa Tegalsari.

Promosi Peduli Lingkungan Hidup, Program BRI Menanam-Grow & Green Pulihkan Ekosistem

“Kami mendapat informasi bahwa masyarakat di sini mulai kesulitan mendapat air bersih. Sumur-sumur warga mulai mengering. Informasi itu kami sampaikan ke Mas Dar dan beliau menjawab dengan men-drop air bersih ke sini,” kata Ketua Papera Kabupaten Grobogan, Tri Budiono, di Desa Tegalsari, Kecamatan Ngaringan, Grobogan, Jateng, Kamis (27/6/2024).

Menurut Tri Budiono, Sudaryono tergerak mendistribusikan air bersih karena paham betul kesulitan masyarakat Grobogan saat musim kemarau. Sebagai putra daerah, kata Tri Budiono, Sudaryono ingin ke depan masyarakat Grobogan bisa lebih mudah mengakses air bersih.

“Air ini sangat penting bagi masyarakat Grobogan. Karena mayoritas petani, selain untuk keperluan sehari-hari, air juga digunakan mereka untuk bertani. Kalau kurang air, hasil pertanian terancam gagal panen,” ujar Tri Budiono menegaskan.

Bantuan lima tangki air bersih dari Sudaryono ini disambut gembira ratusan warga Desa Tegalsari. Mereka segera membawa beragam alat penampung air, seperti ember, jeriken, dan gentong ke tempat pendistribusian air bersih.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, air bersih dari Sudaryono ini segera berpindah ke tangan warga.

Tri Budiono menegaskan air bersih dari Sudaryono akan rutin didistribusikan ke masyarakat Grobogan. Dia menyatakan saat ini Papera Kabupaten Grobogan sedang mendata daerah-daerah yang dilanda kekeringan.

“Tadi Mas Dar titip pesan, kalau berbuat baik tidak harus menunggu jadi orang dulu. Kalau ada kesempatan dan mampu, Mas Dar berpesan kepada kami untuk langsung distribusikan air bersih ke warga,” jelas Tri Budiono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya