SOLOPOS.COM - Pemberitahuan penghentian trayek bus AKAP Sindoro-Satriamas. (Istimewa/Tangkapan Layar)

Solopos.com, SEMARANG – Armada bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) milik PO Sindoro Satriamas dipastikan berhenti beroperasi mulai 1 Juli 2024.

Adapun pemberhentian operasi tersebut juga tertuang dalam surat pemberitahuan Nomor 15/SSM/VI/2024.

Promosi Direksi BRI Kembali Lakukan Aksi Borong Saham BBRI hingga Miliaran Rupiah

Dalam surat pemberitahuan, pemberhentian operasional pelayanan semua jurusan bus dimulai sejak 25 Juni 2024. Bila ditelisik dari pesan yang disampaikan, pemberhentian operasional bersifat sementara.

Kendati sementara, tak dituangkan secara pasti kapan operasional pelayanan bus PO Sindoro Satriamas akan kembali dijalankan.

Namun, pihak managemen memberi pesan akan segera memperbaiki pelayanan dan armada bus.

“Mohon doanya agar PO Sindoro Satriamas bisa secepatnya kembali beroperasi dengan armada yang lebih baik sesuai dengan yang dikehendaki konsumen dan dengan pelayanan yang lebih baik,” bunyi salah satu poin yang tertuang di surat pemberitahuan Nomor 15/SSM/VI/2024 itu, dikutip Solopos.com, Senin (1/7/2024).

Manajer PO Sindoro Satriamas, Parno, mengatakan pada akhir Juni, PO sempat beroperasi beberapa trayek. Namun, pada awal Juli ini, resmi tutup total.

“[Tutup operasional] ya karena pertama ada peremajaan armada. Kemudian kedua kondisi busnya jauh berbeda dengan karoseri lainnya,” ujar Manajer Parno.

Parno juga bercerita bila sejak bertahun-tahun lamanya penumpang bus AKAP Sindoro Satriamas juga merosot drastis.

Padahal dulu, banyak masyarakat gemar naik bus AKAP Sindoro Satriamas, namun belakangan jumlah penumpangnya berkurang.

Lebih lanjut, tercatat tiket bus AKAP Sindoro Satriamas rata-rata hanya terjual kurang lebih 15 lembar. Penumpang paling banyak saat momen perayaan tahun baru.

“Konsumen sekarang naik bus pasti pilih-pilih. Berkaitan fasilitas yang kurang bagus, memang saya sudah berusaha mengimbangi di lapangan tapi nyatanya kurang sebanding. Dan jumlah penumpang bus AKAP kita ramainya pas tahun baru,” akunya.

Bus AKAP Sindoro Satriamas memiliki tiga jurusan, yaitu Wonogiri-Jabodetabek PP, Ponorogo-Jabotabek PP, dan Jombor Yogyakarta-Jabotabek PP.

Untuk jumlah armada bus AKAP Sindoro Satriamas 20 unit dengan kru 20 orang serta sopir sebanyak 40 orang.

Oleh karenanya, pihaknya beralasan adanya penghentian operasional bus AKAP Sindoro Satriamas untuk memperbaiki seluruh armada dan penataan ulang manajemen.

“Secara rinci kami pengin memperbaiki yang baru. Jadinya trayek AKAP Sindoro ditutup total dari nol biar bisa membenahi fasilitasnya,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya