SOLOPOS.COM - Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, berfoto bersama sejumlah kepala desa di Kabupaten Magelang, di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Sabtu (22/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, MAGELANG – Sejumlah kepala desa se-Kabupaten Magelang menitipkan harapan besar kepada Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, turut membantu memberdayakan ekonomi masyakat di sektor wisata. Sebab, banyak desa di Kabupaten Magelang yang sebenarnya memiliki potensi wisata alam yang menarik minat para wisatawan.

“Kalau nanti bisa menjadi Gubernur Jateng harapan kami bisa memberdayakan masyarakat di pedesaan mengelola desa dan bisa sejahtera. Karena desa-desa kami punya potensi wisata yang bagus bagi wisatawan,” kata Perwakilan Kepala Desa se-Kabupaten Magelang, Marpomo, di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Sabtu (22/6/2024).

Promosi Chatbot BRI Sabrina Raih Best in Personalization di Strategy Mata Lokal Award

Sebagai contoh, terang Marpomo, Desa Wonolelo yang sedang giat mengembangkan agrowisata melalui destinasi wisata Negeri Kahyangan. Menurutnya, masyarakat Wonolelo masih perlu mendapat edukasi bagaimana membangun Negeri Kahyangan menjadi destinasi menarik di mata wisatawan.

“Wisata ini dikelola desa melalui BUMDes. Kerawuhan Pak Sudaryono diharapkan bisa meningkatkan sektor wisata di desa-desa kami yang lain di Magelang,” terang Marpomo.

Harapan para kepala desa itu disampaikan Marpomo kepada Sudaryono saat berkunjung ke Desa Wonolelo. Staf Khusus Menteri Pertahanan itu hadir atas undangan anggota DPRD Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sukardiyono.

“Magelang ini terkenal dengan tempat yang sejuk, tempat yang tinggi. Masyarakat desa di sini bekerja sebagai petani tapi mampu memanfaatkan keindahan alam, memanfaatkan ketinggian, memanfaatkan cuaca, dan kekayaan agro menjadi tempat wisata potensial,” kata Sudaryono di hadapan masyarakat yang hadir.

Menurut Sudaryono yang juga merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah itu, cara masyarakat di Magelang mengembangkan potensi wisata desa patut ditiru. Sudaryono mendorong wisata di Jateng ke depan menjadi salah satu sumber unggulan pendapatan desa.

“Karena wisata di Jateng ini sangat potensial kalau dikelola dengan benar. Hampir semua destinasi wisata ada di Jateng. Wisata air, alam, kuliner, dan religius, ada semua di Jateng. Tempat-tempat bersejarah Jateng juga banyak yang menarik,” terang calon gubernur Jawa Tengah itu.

Kedatangan Sudaryono ke Desa Wonolelo ini juga disambut Pentas Seni Gedruk Butho yang merupakan pentas seni tradisional masyarakat setempat. Bahkan, saat masih di atas panggung, Sudaryono turut bernyanyi lagu campursari Perahu Layar karya Didi Kempot.

“Saya enggak menyangka saya pikir saya datang duduk, nonton pagelaran budaya. Ternyata Mas Sukardiono dan teman-teman Desa Wonolelo beri saya panggung, saya diberi kehotmatan sehormat ini. Saya merasa terharu,” pungkas Sudaryono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya