SOLOPOS.COM - Para peserta Road To GTR ULTRA 2024 berfoto bersama di Gunung Gajah Telomoyo, Minggu (23/6/2024). (Brand Content)

Solopos.com, UNGARAN — Lomba lari lintas alam bertajuk Gajah Trail Run Ultra atau GTR ULTRA 2024 akan segera digelar pada 10-11 Agustus 2024 di kawasan wisata Gunung Gajah Telomoyo, Nogosaren, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Ini merupakan kali kedua event GTR ULTRA itu digelar.

Untuk event keduaa ini, ada perubahan tajuk lomba lintas alam, menjadi Gajah Trail Run Ultra 2024, oleh karena adanya tambahan Kategori Ultra Trail Run, dengan jarak 52 km.

Promosi Tegaskan Komitmen pada Ekonomi Hijau, BRI Tawarkan KPR Green Financing

Lomba lari lintas alam ini merupakan rangkaian dari kegiatan sport tourism Festival Telomoyo, yang telah terselenggara sebagai kegiatan pariwisata tahunan di Gunung Telomoyo dan Gunung Gajah Telomoyo, Kabupaten Semarang.

Lomba lari lintas alam atau trail run ini sejak tahun 2023 telah menjadi daya tarik baru bagi pehobi sport tourism setelah paralayang dan gantole.

Setelah sukses di penyelenggaran lomba lari lintas alam Gajah Trail Run 2023, escape Nice kembali bekerja sama dengan pengelola Gunung Gajah Telomoyo mengadakan Gajah Trail Run Ultra 2024 dengan target pelari lintas alam baik regional, nasional, maupun internasional. Hingga kini telah terdaftar 400 pelari dari dalam dan luar negeri sebagai calon peserta.

Dalam rangkaian penyelenggaran lomba lari lintas alam Gajah Trail Run Ultra 2024, Minggu (23/6/2024), telah diselenggarakan kegiatan Road To GTR ULTRA 2024, dengan mengundang pelari dari komunitas lari seputaran Gunung Gajah Telomoyo.

Acara Road To GTR ULTRA 2024, diikuti 150 pelari dari 21 Komunitas Lari dari Pekalongan, Semarang, Ungaran, Salatiga, Boyolali, Surakarta, Magelang, Muntilan dan Yogyakarta. Banyak peserta Road To GTR ULTRA 2024 yang baru kali pertama mengikuti lari lintas alam atau cross country. Mereka pun mendapatkan pengalaman baru dalam olah raga trail run.

Dalam rangkaian Road To GTR ULTRA 2024, kepada peserta juga diberikan harga khusus pendaftaran dengan potongan 35 persen, di mana ini merupakan apresiasi dan dukungan penyelenggara kepada komunitas lari yang hadir.

Destinasi Wisata

Gunung Gajah Telomoyo merupakan salah satu destinasi wisata mandala Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang yang terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Di sekitar Gunung Gajah Telomoyo juga terdapat tujuan wisata lain seperti Air Terjun Kalipancur, Sendang Ari Wulan, Gumuk Reco dan Bukit Sepakung.

Wisata Alam Gunung Gajah Telomoyo menyuguhkan bentang alam dari ketinggian di mana wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Muria, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Kendil, Gunung Ungaran, dan Danau Rawa Pening sekaligus.

Penyelenggaran Gajah Trail Run Ultra 2024 didukung secara penuh oleh Pemerintah Kalurahan Nogosaren, Pemerintah Kecamatan Getasan, Pemerintah Kabupaten Semarang, Pemerintah Kabupaten Magelang, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dan juga Perhutani Kedu Selatan.

Gajah Trail Run Ultra 2024, menawarkan 5 Kategori Lomba, yaitu Jarak 7 Km Umum, Jarak 12 Km Umum, Jarak 30 Km Umum, Jarak 52 Km Umum dan Jarak 52 Km Master (di atas 40 tahun), dengan total hadiah senilai Rp90 Juta untuk pemenang 1, 2 dan 3.

Penyelenggaran GTR ULTRA 2024 mendapat dukungan dan asistensi dari ALTI (Asosiasi Lari Trail Indonesia) Pengurus Daerah Jawa Tengah, juga masuk resmi kalender event ITRA (International Trail Run Association) dan UTMB (Ultra Trail Mont Blanc).

Untuk pelari yang berhasil menyelesaikan Lomba Lari Lintas Alam Gajah Trail Run Ultra 2024, akan mendapatkan skor dan poin. Untuk pelari 30K, akan mendapatkan dua point ITRA dan pelari 52Km akan mendapatkan tiga point ITRA.

Selain ITRA, GTR ULTRA 2024 juga mendapatkan UTMB Index. Untuk Kategori 30Km, 20K UTMB Index dan Kategori 52Km, 50K UTMB Index.

Secara khusus untuk pemenang pertama setiap kategori akan mendapatkan hadiah tambahan berupa tiket penerbangan domestik ke semua tujuan secara pulang dan pergi, yang disediakan maskapai penerbangan Citilink.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya