SOLOPOS.COM - Ilustrasi Universitas Negeri Semarang (Unnes). (unnes.ac.id)

Solopos.com, SEMARANG — Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali diguncang prahara plagiasi. Namun kali ini pelaku plagiasinya adalah seorang mahasiswa seni rupa.

Kasus plagiasi tersebut mencuat setelah dibongkar netizen akun X (dulu Twitter) @alvinxki.

Promosi KUR BRI Dorong Kemajuan Klaster Jambu Kristal di Purworejo

Dalam unggahannya, ia menunjukkan bukti-bukti bahwa mahasiswa bernama Rico Dwi Cahyono menjiplak seni karya lukis dari sejumlah seniman.

Adanya kabar desas-desus mahasiswanya melakukan plagiasi. Pihak kampus akhirnya melakukan penelusuran serta membenarkan kasus plagiasi yang dilakukan oleh Rico Dwi Cahyono.

Kaprodi Pendidikan Seni Rupa Unnes, Ratih Ayu Pratiwinindya, menyesalkan perbuatan yang dilakukan mahasiawanya lantaran telah melanggar etika akademik.

“Kami juga memohon maaf atas kegaduhan yang terjadi,” ucap Ratih kepada Solopos.com, Selasa (25/6/2024).

Lebih lanjut, ia membeberkan pihaknya telah mengkaji kasus plagiasi tersebut secara akademis serta melibatkan dosen pengampu mata kuliah.

Berdasarkan kajian, Rico Dwi Cahyoni terbukti melalukan tindakan plagiasi. Karena hal tersebut, pihaknya menghukum dengan memberikan sanksi berupa pembatalan kelulusan pada empat mata kuliah.

Terungkapnya kasus plagiasi tersebut, Ratih menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihaknya yang berupaya menjaga integritas akademik kampus.

“Kami meminta agar Saudara Rico Dwi Cahyono menyelesaikan permasalahannya secara bijak dan proporsional dengan pihak-pihak lain yang terkait tindakannya tersebut yang berada di luar konteks akademik atau perkuliahan,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya